-->

10 Tips Membeli dan Memilih Part Dalam Merakit PC


Kali ini aku mau bahas soal tips-tips dalam membeli part-part untuk merakit pc nih, kenapa? karena aku suka kasihan gitu kalau liat teman-teman masih suka bingung untuk menentukan part macam apa yang kamu beli, model seperti apa yang mau kamu beli tanpa tau kompatibilitas part nya dengan part yang sudah kamu punya... karena aku pun ngalamin kok dulu
begitu beli part yang ternyata ga kompatibel setelah di beli, kenapa? karena kurangnya pengetahuan soal part-part tersebut guys. sedih sih tapi ya belajar kan dari pengalaman kan ya.


karena part-part pc termasuk barang yang ga murah, jadi mending kita pahami dulu part apa yang mau kita beli, jangan sampai keluar uang begitu aja guys. tapi emang sih kan sekarang banyak toko rakit dan website rakit komputer yang sudah mempermudah kamu merakit pc, tapi kalau kamu memang paham dengan apa yang kamu rakit pastikan lebih puas, ayo coba kita pretelin satu-satu tips nya guys biar ga rugi waktu dan uang.




1. NIAT


Yang pertama, kamu harus niatkan dan pastikan dulu PC apa yang mau kamu wujudkan, semua orang kan beda motif nya ya, ada yang buat main game, buat desain, buat desain video/multimedia dan animasi, ada juga yang cuma buat penggunaan rumah seperti main solitaire dan ngetik di Ms. Word. nah kalau kamu sudah tau pc apa yang kamu ingin langsung deh buat list part dengan budget yang kamu punya. searching di google salah satu cara yang enak guys bisa liat-liat barang tanpa di ikutin penjaga toko... terlebih kamu bisa compare harganya dengan berpuluh puluh toko lain yang tersebar di internet jadi kamu bakal punya patokan harga guys ini berlaku untuk yang mau beli nyicil setiap bulan per partnya ya guys, kalaupun kamu mau beli cash/langsung semua setidaknya kamu sudah harus ada gambaran untuk model motherboardnya ya. Nah kalau niat model pc macam apa yang akan kamu buat sudah ada lanjut ke tips nomor 2..

2. MOTHERBOARD

Yang kedua, beli motherboard dulu guys biar enak kesana nya kamu tinggal ikuti kompatibilitas motherboard kamu. contoh kamu niat untuk rakit pc gaming ya kamu tinggal pilih motherboard gaming yang sekiranya dapat di upgrade tanpa ganti motherboard lagi guys ini juga berlaku untuk semua model pc yang kamu niatkan untuk kamu rakit ya. ga apa apa lah ya kamu keluar uang lebih banyak untuk part yang satu ini, namanya juga MOTHERboard ya sebagai ibu dari segala part harus di utamakan. oh iya dan ingat selalu beli part baru ya, jangan barang second kecuali kamu tau pemakainya suka merawat barangnya.. ingat guys semua part juga punya umurnya sendiri sendiri..
Untuk lihat artikel tentang motherboard yang Nerdstuff! buat cek disini.

3. PROCESSOR

Oke yang ketiga, beli processor guys, tentunya dengan socket yang kompatibel dengan motherboard kamu yah, mau kamu beli AMD ataupun Intel ya tetap ada seri seri nya lagi jadi kamu harus teliti pada awal kamu beli motherboard dengan menentukan kamu mau pilih AMD atau Intel sebagai otak dari pc kamu ya tentunya dengan berbagai kelemahan dan kelebihan yang sudah kamu pertimbangkan guys. ingat ini peringatan keras, jangan beli processor second, sayang guys.

4. VGA

yang ke empat, kamu mendingan beli VGA dulu, kenapa? karena ketiga part ini adalah part-part ter mahal guys, jadi biar kamu ga terlalu malas di akhir ngumpulin uang lagi buat beli part ini guys,berat rasanya ngeluarin uang dari dompet kalau yang kelihatan partnya sudah banyak yang dibeli duluan. cari VGA yang cocok dengan niatan model pc mu di awal cari yang pas pas aja, ga usah yang terlalu bagus juga kalo memang budget kamu minim yang penting cari informasi tentang vga yang memiliki performa tangguh agar ada jaminan part ini akan tahan lama..
Untuk lihat artikel tentang VGA yang Nerdstuff! ulas cek disini.

5. RAM

Yang kelima, beli RAM dulu boleh lah cari yang mid class yang 2x2 (4gb Kit) ya yang harganya sekitar 500 ribu atau beli yang 2x4 (8gb Kit) dengan harga sekitar 750 ribuan kalau memang kamu pikir kamu butuh ram besar.. sesuaikan juga slot DDR-nya agar kompatibel dengan Motherboard kamu. ingat pertimbangkan budget keseluruhan kamu itu tergantung kamu yang mengelola kantong kamu sendiri pilih dengan bijak dan pertimbangkan ya.

6. HARDISK

Yang ke enam, kamu beli harddisk guys untuk penyimpanan data kamu nantinya.. jaman sekarang belilah yang 1tb itu sudah cukup untuk jalankan sistem dan menyimpan drama korea series kamu kok. harganya berkisar di 600 ribu, sudah mulai agak tenang kan nafas kamu sekarang karena makin sini makin murah guys.

7. CASING PC

Yang ketujuh, kamu beli casing dulu, ada macam macam model/tipe ukurannya guys ada ATX, Mini ATX, High Tower dll nah ukuran ini menyesuaikan si motherboard kamu dan sistem pendingin nya, kamu bisa cek motherboard kamu ukurannya tipe apa dan bisa kamu sesuaikan dengan casing nya nanti, tentu harganya beragam disetiap ukurannya, yang jadi patokan mahal nya adalah bentuk artistik casing dan cooling sistem nya yang aduhai bukan ukuran gede kecilnya ya guys. yah beli lah yang 600 ribu sudah banyak yang support fine cable system biar ga bergulung-gulung berantakan dan sudah ada cooling system yang lumayan untuk penggunaan harian.

8. PSU (Power Supply Unit)

Yang kedelapan, kamu beli Power Supply Unit guys atau PSU, setelah part sebelumnya sudah kita beli semua, kita jadi tahu konsumsi daya masing masing part dengan jelas berdasarkan manual book nya guys, jadi kamu tinggal sesuaikan saja Watt yang kamu butuhkan yah kira kira dari semua part tadi kira-kira kita butuh PSU minimal 500 Watts atau 650 Watts untuk menunjang konsumsi daya masing-masing part, jangan beli kurang dari itu guys, walaupun bisa kita pakai 450 Watts tapi ga ada yang tau kalau nanti part kita kekurangan daya dan menimbulkan kerusakan, jadi ya minimal 500 Watts deh harganya sekitar 800 ribu sampai 1juta lebih ya guys tergantung merek dan modular atau tidaknya.

9. MONITOR 

Kesembilan, beli monitor boleh lah, kamu bisa beli led monitor atau tv juga yang sekiranya dapat memanjakan mata kamu dengan besar inci nya atau kualitas gambarnya, kalau mau kualitas gambar yang bagus aku sarankan ya beli monitor khusus pc aja 2 juta an sudah dapat monitor dengan kualitas resolusi gambar yang bagus dan jutaan warna yang tersedia tetapi dengan inci yang ga besar ya guys paling kamu dengan budget segitu cuma dapat yang 21 inci bagus bagus kalau kamu dapat 24 inch.. kalau mau dapat inci yang besar sekitar 30 inch kamu beli tv yang ada konektor VGA atau HDMI nya aja banyak kok macam tv tv china yang lumayan berkualitas tapi dengan gambar yang ga se jernih monitor khusus pc ya. be wise guys. ingat sesuai budget dan kebutuhan kamu aja.

10. KEYBOARD, MOUSE DAN SOUND SYSTEM

Yang terakhir kamu bisa beli mouse keyboard dan sound bersamaan pilih yang sesuai kebutuhan kamu lagi ya, kalau merek merek gaming terkenal memang mahal 1 mouse aja bisa 1 juta an atau lebih, jadi ya karena pilihan ini termasuk gear pc jadi ya terserah kamu.. ga ada rekomendasi karena bukan prioritas banget guys yang murah dengan warna monoton juga ga apa-apa kok asal awet di pakai klik klik main dota 2.

Nah guys itu aja nih tips beli part pc nya ya mungkin kamu ada metode yang berbeda dalam merakit pc ya ga apa apa. share di kolom komentar juga ga apa-apa, tapi untuk para pemula yang baru niat bikin pc boleh lah cara ini di gunakan biar ga salah langkah.

sekian dulu guys ulasan Nerdy Bloggy untuk kali ini, kalau ada yang mau tanya tinggal komentar di bawah, jangan lupa subscribe atau follow/Ikuti di tombol biru atas kanan blog ini untuk update terus soal ulasan part komputer yang Nerdy Bloggy buat.. Terima Kasih.

Baca juga

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan