-->

Motherboard MSI 970 Gaming Review



   Aku di sini akan jelaskan spesifikasi dari Motherboard MSI 970 Gaming yang menurutku sangat bagus menjadi pilihan kalian dalam merakit Komputer. Kenapa? pertama karena merek nya yang sudah jelas memiliki inovasi-inovasi bagus dalam produknya. untuk selengkapnya mari kita ulas.
Pertama MSI 970 Gaming ini termasuk salah satu dari 4 model motherboard Gaming Series yang diperuntukkan untuk slot processor AMD. Sebenarnya masih banyak lagi produk Gaming Series dari MSI ini, contohnya ada notebook/laptop, jenis VR ada VR-One, Motherboard denga slot Intel maupun AMD, Graphic Card alias VGA, PC yang satu paket dan Accessories nya.
Tapi, kali ini aku cuma akan bahas spesifikasi Motherboard MSI 970 Gaming ya, tadi di awal aku bilang Motherboard ini bisa jadi pilihan kalian dalam merakit PC, Memang kenapa? memang apa keunggulan nya? aku sih tidak akan bahas dalam-dalam soal fitur nya yang mau aku bagi adalah worth it tidak  Motherboard ini untuk kalian pilih sebagai part komputer kalian. Oke aku mulai dari fitur nya ya.

MSI 970 GAMING
  • Supports AMD FX / Phenom™ II / Athlon™ II / Sempron™ processors for AM3+ socket
  • Supports DDR3-2133(OC) Memory
  • USB 3.0 + SATA 6Gb/s
  • Audio Boost 2: Reward Your Ears with True Quality
  • Killer Ethernet: Kill Your Lag
  • OC Genie 4: Overclock in 1 Second
  • Click BIOS 4: Easily Fine-tune Your System
  • AMD CrossFire Support
  • Sound Blaster Cinema 2: Realistic Surround Sound Experience
  • Gaming Device Port: Optimized with Triple Gold-plating for High Polling Rate Gaming Devices
Oke, itu adalah fitur dan spesifikasi keseluruhan, aku jelas kan satu persatu tentang fitur nya.

1. Supports AMD FX / Phenom™ II / Athlon™ II / Sempron™ processors for AM3+ socket

yang pertama MSI 970 Gaming Supports AMD FX/ Phenom II/ Athlon II dan Sempron. itu beberapa seri processor yang cocok dengan socket AM3+ nya MSI 970 Gaming. kalian bisa sanding kan Motherboard ini dengan beberapa seri processor tersebut contohnya seperti processor AMD FX yang punya banyak model yang tentunya juga dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri ya.

Model Package AM3+: FX™ 4100, FX™ 4130, FX™ 4170, FX™ 4300, FX™ 4350, FX™ 6100, FX™ 6200, FX™ 6300, FX™ 6350, FX™ 8120, FX™ 8150, FX™ 8320, FX™ 8320E, FX™ 8350, FX™ 8370E, FX™ 8370, FX™ 9370, FX™ 9590.


Banyak kan, nah abang-abang, adik-adik tinggal pilih deh nih salah satu dari seri processor AMD FX nya sesuaikan dengan kebutuhan pc kalian nantinya karena kan pasti kalian punya standar budget sendiri untuk dikeluarkan, kira-kira ya pilih yang Middle aja kalau kalian juga punya budget minim kaya saya. ya saya sih mau pilih dari seri yang FX 6350 sampai 8370 deh.. ya balik lagi kan sesuaikan dengan budget kalian. tapi kenapa saya pilih seri itu? karena, seri FX yang aku sebutkan tadi sudah termasuk Wraith Cooler. kalau yang belum tau Wraith Cooler cek dahulu di sini.
Nah untuk harga seri-seri FX tersebut Mulai dari Rp.1.500.000 sampai Rp.2.700.000-an ya, harga yang terkecil ya dari seri FX 6350 ya maksudnya. nah kalian tinggal pertimbangkanlah sama budget yang kalian punya.

Nah bagaimana kalau misal kalian ingin pakai athlon, phenom, atau sempron? ya tidak apa-apa pakai aja, cuma kalian harus bandingkan dulu faktor-faktor penting yang sekiranya mempengaruhi niat penggunaan pc kalian seperti konsumsi daya, cache dan lain-lain.

2. Support DDR3-2133(OC) Memory

yang kedua support DDR3-2133(OC) Memory, ya guys pasti kalian sudah tau kan maksudnya MSI 970 Gaming ini support RAM dengan socket DDR3 ingat jangan beli socket DDR2 atau DDR4 yaa karena ga akan masuk. Nah kalian tinggal pilih deh merek-merek Memory RAM Favorit kalian, Contohnya ada Corrsair, Avexir, Kingston, Patriot macam-macam lah pokoknya, tinggal pilih kapasitas RAM yang kalian ingin, kalau kata saya sih ya kalau untuk bermain game di jaman sekarang minimal 2x4 (8gb Kit) lah biar mainnya enak dan ga pr untuk upgrade-upgrade lagi toh di RAM yang segitu juga sudah bisa main GTA5 kok guys tapi di tambah dengan VGA yang mumpuni ya. Terus Maksudnya (OC) apa? nih guys berarti Motherboard ini juga support untuk RAM Overclock dan menjalankan komponen dengan kecepatan lebih tinggi dari sebelumnya guys. tapi sih kalau aku lebih pilih tidak pakai OC OC-an abis aku memang tidak butuh kecepatan lebih cuma buat main game-game yang saya mainkan. terlebih aku takut ada kerusakan sama part pc saya. tapi itu semua terserah kalian guys, kalian bebas pilih mau OC atau tidak.


3. USB 3.0


Terus guys Motherboard ini punya USB 3.0 yang berarti transfer rate nya lewat flashdisk atau kabel data lebih cepat, tapi sayangnya motherboard ini cuma punya 2 slot aja, sayang banget padahal harusnya dengan masuknya Motherboard ini ke seri G atau Gaming harusnya juga mengedepankan port usb yang banyak menggunakan versi 3.0, tapi ya memang harga juga menentukan ya guys nanti kita bahas harga...

4. Audio Boost 2 


Fitur Audio Boost 2!! ini juga fitur yang baik, dengan harga Motherboard gaming yang terbilang cukup murah fitur ini cukup cukup hebat ada suatu teknologi yang dapat 

memaksimalkan kita dalam bermain game tentunya dari segi suara/sound guys nah komponennya ini yang bikin Audio Boost 2 istimewa dengan Audio Boost 2 kualitas audio menjadi tinggi dengan penggunaan Creative Sound Blaster Cinema 2 sehingga Anda dapat menikmati suara yang jernih dan musik melalui 8-channel HD Audio.


yah kalau kaya kita main game petualangan semacam The Elder Scroll V: Skyrim suara-suara alam, hewan, hembusan angin bakal lebih enak didengar guys pokoknya menambah pengalaman bermain game kalian lebih real deh.

good job MSI.. Good job...

5. Killer Ethernet

Yang kelima ada fitur Killer Ethernet. Apa sih Killer Ethernet? pembunuh Ethernet? Ethernet merupakan sebuah teknologi yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai interface yang digunakan untuk konektivitas perangkat komputer maupun laptop, hampir di setiap jaringan LAN (Local Area Network) di seluruh dunia

6. OC genie

OC genie? jiah apa lagi ini??? namanya aneh-aneh ya guys.. nih OC genie itu adalah fitur yang di kembangkan MSI di Sektor Overcloacking. 

Nih kata MSI 
"OC Genie is the world's first built-in hardware overclocking technology on motherboards. With this one-second overclocking option we're giving you even more performance. Just hit the button and your PC gets another adrenalin shot. Delivering up to 20% of free extra performance for the CPU, memory and iGPU.".
nih artinya OC Genie adalah perangkat keras teknologi overclocking pertama built-in di dunia pada motherboard. Dengan pilihan ini overclocking satu detik kami memberikan Anda kinerja bahkan lebih. Hanya menekan tombol dan PC Anda mendapat tembakan adrenalin lain. Memberikan hingga 20% dari kinerja ekstra gratis untuk CPU, memori dan iGPU.

wah walaupun aku ga pernah overclocking tapi fitur ini memang memanjakan para gamers guys yang memang membutuhkan kinerja lebih pada pcnya. cool kan.

7. Click BIOS 4

nah ini juga fitur yang mempermudah tukang oprek pc nih. fitur nya namanya Click BIOS 4, apa ini? jadi fitur ini mempermudah kita dalam men-setting pc kita lewat bios karena tampilan biosnya di bikin lebih detail dan keren banget, ga kaya bios yang warna biru dan kuno. maaf kalau ada yang masih pakai bios yang kaya itu.
kamu jadi tau apa yang terjadi sama pc kita tuh ada statusnya, keren banget, apa lagi tukang OC tuh ada tombolnya langsung.

8. Crossfire

nah fitur selanjutnya Support Crossfire.
Apa itu Crossfire?, cara kerjanya kaya bagaimana? Kemampuannya,kelebihan & kekurangannya. Dan Apa juga SLI? Kemampuannya,kelebihan & kekurangannya , dan juga gimana cara kerjanya? 

Apa Perbedaan Crossfire dengan SLI?

itu pertanyaan yang sering di dapat di internet nih jawabannya Crossfire itu penggabungan 2 atau lebih VGA AMD yang sejenis dan SLI penggabungan 2 atau lebih VGA Nvidia yang sejenis 

Jadi bedanya cuma kalau SLI punya-nya Nvidia, kalau CF punyanya AMD. kelebihan penggabungan tentu mendapatkan kinerja yang lebih baik, biasanya dengan melakukan SLI/CF bisa mendapatkan kemampuan yang melebihi kemampuan 1 buah VGA yg harganya kalau di total sama

kekurangannya pertama makan tempat, kamu juga harus punya 2 slot VGA PCI E x16 di motherboardmu dan kalau mau maximum minimal slot yg kedua jalan di x8, jangan x4 malah jadi lambat kalau slot yang pertama pasti jalan di x16 speednya kekurangan kedua seperti yg saya sebutkan diatas kadang drivernya kalau kurang bagus malah jadi bug yang harusnya jadi bagus malah bisa jadi jelek di suatu aplikasi/game dan kekurangan berikutnya dia otomatis akan boros daya. begitu guys, Understood??

8. Sound Blaster Cinema 2

yang Ke-8 adalah Sound Blaster Cinema 2. perasaan fiturnya mirip ya sama Audio Boost 2?? ya enggak lah guys, beda ko. tapi ini termasuk dalam Audio Boost 2, perbedaannya adalah kalau Audio Boost 2 fitur yang memperkuat audio di komponennya, tapi kalau Sound Blaster cinema 2 adalah yang memperindah output suaranya jadi walaupun kamu pake headset, headphone atau speaker suaranya akan tetap detil tentunya ya suara dalam game, film maupun lagu.. pokoknya segala bentuk suara lah.

9. Gaming Devices Port

yang terakhir guys, Gaming Devices Port itu lho kalo yang port USB 3.0 warna biru nah kalau fitur yang ini di semua Port yang berwarna Merah guys.
di optimal kan untuk memberikan konektivitas terbaik untuk Mouse high-end gaming Hal ini menghasilkan respon Mouse jauh lebih cepat dan halus dalam permainan. 
  • manfaat dalam game : lebih responsif, gameplay halus, reaksi cepat 
  • manfaat teknis : 3x lebih banyak kandungan emas dari konektor biasa 10x lebih tahan lama dari colok copot mouse guys

Tuh guys itu adalah fitur-fitur dari motherboard MSI 970 Gaming, nah sekarang apakah kira-kira motherboard ini worth it untuk kamu beli, aku sih iya. maksudnya aku sih sangat berfikir kalau motherboard ini worth it karena dengan fitur-fitur kelas high-end  seperti ini bisa kita dapatkan dengan harga sekitar Rp.1.500.000-an di pasaran, semua kekurangannya pun jadi wajar kita terima karena fitur yang ditawarkan lebih banyak dari kekurangannya, lagi pula kalau memang mau yang lebih sedikit lagi kekurangannya pasti ga akan segini harganya tinggal pilih lagi aja motherboard lain yang memang harganya se langit. yah menurut saya motherboard ini mempermudah kita yang memang punya budget minim untuk cicipi fitur high.

jadi ya seperti itu guys ulasan Nerdy Bloggy! untuk kali ini, kalo ada yang mau tanya tinggal komentar di bawah, jangan lupa subscribe kalau mau update soal ulasan part komputer yang Nerdy Bloggy! buat.. Terima kasih.




Baca juga

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan